Auditor SMK3

Latar Belakang :

SMK3 merupakan bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan, khususnya untuk mengendalikan segala risiko saat proses produksi atau operasional di tempat kerja. Penerapan SMK3 sendiri tercantum pada Peraturan Pemerintah  Nomor 50 Tahun 2012. Pada pasal 5 dalam Peraturan Pemerintah  Nomor 50 Tahun 2012, setiap Perusahaan wajib melaksanakan SMK3, terutama perusahaan yang mempekerjakan minimal 100 tenaga kerja atau perusahaan yang memiliki tingkat potensi kecelakaan yang tinggi akibat karakteristik proses kerja. Peraturan ini diterbitkan untuk dapat meningkatkan efektivitas perlindungan bagi tenaga kerja melalui SMK-3 yang lebih terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi.

Agar penerapan SMK3 berjalan efektif, maka secara periodik perlu dilakukan  audit internal dan tinjauan manajemen. Yang dimaksud Audit SMK3 pada Peraturan Pemerintah  50 Tahun 2012 Bab I Pasal 1 No.7 adalah pemeriksaan secara sistematis dan independen terhadap pemenuhan kriteria yang telah ditetapkan untuk mengukur suatu hasil kegiatan yang telah direncanakan dan dilaksanakan dalam penerapan SMK3 di perusahaan. Dari hasil audit SMK3 tersebut akan dapat diperoleh gambaran yang jelas dan lengkap tentang status mutu pelaksanaan SMK3 yang selanjutnya dapat digunakan untuk perbaikan yang berkelanjutan.

Dalam melakukan audit SMK3 maka diperlukan tenaga ahli yang berkopeten. Pelatihan Auditor Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Auditor SMK3) adalah program Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk mempersiapkan tenaga teknis yang berkeahlian khusus dan independen untuk melaksanakan kegiatan audit SMK3. Pelatihan Auditor SMK3 merupakan bentuk seleksi atau pelatihan khusus bagi seseorang atau tenaga teknis tertentu yang berminat menjadi auditor SMK3 sebagaimana yang dimaksud dalam Permenaker No 26 Tahun 2014.

Tujuan dan Manfaat :

Setelah selesai mengikuti pelatihan dan dinyatakan lulus ujian, peserta dapat mengetahui tugas dan kewajiban sebagai Auditor SMK3 sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Adapun tujuan lainnya dari pelatihan Auditor SMK3 yakni:

  1. Memenuhi kriteria Peraturan  Pemerintah No. 50 Tahun 2012 mengenai penerapan Sistem Manajemen K3
  2. Menjadi auditor internal SMK3 yang kompeten dan profesional yang mampu melaksanakan audit penerapan SMK3 di perusahaan
  3. Berpotensi menjadi auditor eksternal SMK3
  4. Mengerti dan memahami prinsip-prinsip, elemen-elemen dan kriteria SMK3
  5. Merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan dan melaporkan hasil internal audit SMK3
  6. Mengumpulkan, menganalisa dan verifikasi bukti audit serta mengkomunikasikan hasil observasi yang signifikan untuk ditindaklanjuti
  7. Mengevaluasi pemenuhan peraturan perundangan K3
  8. Mengerti dan memahami peran auditor SMK3 dan lead auditor dalam melaksanakan audit SMK3

Silabus Pelatihan :

Kurikulum pelatihan SMK3 tercantum pada Permenaker No.26 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan Penilaian Penerapan Sistem Manajeman Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

  1. Review Materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  2. Kebijakan K3
  3. SMK3 Peraturan Pemerintah  No.50 Tahun 2012.
  4. Prinsip Dasar dan Penerapan SMK3. (Lampiran PP No. 50 Tahun 2012)
  5. Mekanisme,Teknik Audit SMK3, Tingkat Penerapan SMK3, dan Sertifikasi SMK3
  6. Pelaksana Audit SMK3 Auditor & Badan Auditor.
  7. Simulasi dan Laporan Audit SMK3.
  8. Evaluasi

Durasi pelatihan 40 Jam Pelajaran (4 Hari Kerja).

Persyaratan :

  1. Pendidikan Minimal D3.
  2. Fotokopi Ijazah terakhir 3 lembar.
  3. Fotokopi Identitas diri 3 lembar.
  4. Peserta harus sudah pernah mengikuti pelatihan Ahli K3 Umum Kemnaker RI (Copy Sertifikat 3 lembar).
  5. Pas photo 4 x 6, 3 x 4, dan 2 x 3 dengan background warna merah, masing masing 4 lembar setiap ukuran.
  6. Daftar riwayat hidup.
  7. Surat Keterangan Sehat.
  8. Surat Keterangan Bekerja dari Perusahaan.
WhatsApp Chat Kami di WhatsApp