Kunci dari Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang Efektif

Kunci dari Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang Efektif
Kunci dari Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang Efektif

Apa itu Budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja?

Budaya keselamatan suatu organisasi adalah produk dari nilai-nilai individu dan kelompok, sikap, persepsi, kompetensi, dan pola perilaku yang menentukan komitmen terhadap, serta gaya dan kecakapan dari, manajemen kesehatan dan keselamatan organisasi. Organisasi dengan positif berbudaya keselamatan dicirikan oleh komunikasi yang didirikan berdasarkan rasa saling percaya, dengan persepsi bersama tentang pentingnya keselamatan dan dengan keyakinan dalam kemanjuran langkah-langkah pencegahan. Ahli K3 Umum berperan aktif dalam mendorong budaya kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dalam organisasinya.

Budaya organisasi dapat memiliki pengaruh besar pada hasil keselamatan sebagai sistem manajemen keselamatan. ‘Budaya keselamatan’ adalah bagian dari budaya perusahaan secara keseluruhan. Banyak perusahaan berbicara tentang ‘budaya keselamatan’ ketika mengacu pada kecenderungan karyawan mereka untuk mematuhi aturan atau bertindak aman atau tidak aman. Namun kami menemukan bahwa budaya dan gaya manajemen bahkan lebih signifikan, misalnya bias alami, tidak sadar untuk produksi lebih aman, atau kecenderungan untuk fokus pada jangka pendek dan menjadi sangat reaktif. Gejala faktor budaya yang buruk dapat termasuk:

  1. Pelanggaran prosedural yang luas dan rutin
  2. Kegagalan untuk mematuhi safety management system perusahaan sendiri (meskipun salah satu dari ini juga dapat disebabkan oleh desain prosedur yang buruk).
  3. Keputusan manajemen yang muncul secara konsisten untuk menempatkan produksi atau biaya sebelum keselamatan

Dalam inspeksi, adalah mungkin untuk mengumpulkan bukti tentang budaya perusahaan, meskipun ini membutuhkan wawancara dengan sampel yang representatif dari orang-orang dari semua tingkatan.

Aspek-aspek kunci dari budaya yang efektif

  1. Komitmen manajemen:
    Komitmen ini menghasilkan tingkat motivasi dan kepedulian yang lebih tinggi untuk kesehatan dan keselamatan di seluruh organisasi. Hal ini ditunjukkan oleh proporsi sumber daya (waktu, uang, orang) dan dukungan yang dialokasikan untuk manajemen kesehatan dan keselamatan dan oleh status yang diberikan untuk kesehatan dan keselamatan dibandingkan produksi, biaya, dll. Keterlibatan aktif dari manajemen senior dalam sistem kesehatan dan keselamatan sangat penting.
  2. Manajemen yang terlihat:
    Manajer perlu dilihat untuk memimpin dengan contoh ketika datang ke tempat kerja dari sisi kesehatan dan keselamatan. Manajer yang baik muncul secara teratur di ‘lantai toko’, berbicara tentang kesehatan dan keselamatan dan secara nyata menunjukkan komitmen mereka dengan tindakan mereka – seperti menghentikan produksi untuk menyelesaikan masalah. Penting bahwa manajemen dianggap benar-benar berkomitmen untuk keselamatan. Jika tidak, karyawan umumnya akan berasumsi bahwa mereka diharapkan untuk mengutamakan kepentingan komersial, dan inisiatif atau program keselamatan akan dirusak oleh sinisme.
  3. Komunikasi yang baik antara semua tingkat karyawan:
    Dalam pertanyaan budaya positif tentang kesehatan dan keselamatan harus menjadi bagian dari percakapan kerja sehari-hari. Manajemen harus mendengarkan secara aktif apa yang dikatakan oleh karyawan, dan mengambil apa yang mereka katakan dengan serius.

Partisipasi karyawan aktif dalam keselamatan adalah penting, untuk membangun kepemilikan keselamatan di semua tingkatan dan memanfaatkan pengetahuan unik yang dimiliki karyawan dari pekerjaan mereka sendiri. Ini dapat mencakup keterlibatan aktif dalam lokakarya, penilaian risiko, desain pabrik, dll. Pada perusahaan dengan budaya yang baik, Anda akan menemukan cerita dari karyawan dan manajemen yang konsisten, dan keselamatan dipandang sebagai latihan bersama. Inspeksi perlu melibatkan wawancara lintas-bagian yang sesuai dari perusahaan, terutama jumlah karyawan yang wajar, yang perlu diwawancarai dengan cara yang tidak mengancam. Jumlahnya harus cukup untuk memperhitungkan pandangan dan pengalaman yang berbeda. Mengingat kondisi ini pertanyaan terbuka yang diberikan dalam rangkaian pertanyaan akan memberikan gambaran yang bermanfaat tentang keseluruhan gaya perusahaan, kecuali inspektur memiliki pengalaman pribadi yang signifikan dalam mencoba untuk mengatasi budaya keselamatan, akan lebih baik untuk merefleksikan kembali apa yang telah ditemukan, dan memberikan saran umum daripada khusus tentang cara memperbaikinya.

Penegakan dan Saran

Jelas, budaya keselamatan itu sendiri tidak dapat dilaksanakan, dan intervensi umumnya disediakan untuk perusahaan yang menerima, atau sebagai bagian dari penyelidikan insiden secara keseluruhan. Namun ada penegakan untuk mengatasi hasil dari budaya yang buruk. Sebagai contoh jika perusahaan tidak berhasil mengandalkan kontrol prosedural untuk menghindari kecelakaan besar, mungkin ada penegakan pengaturan manajemen untuk memastikan kepatuhan atau memberikan perlindungan alternatif melalui hirarki kontrol.

Budaya suatu organisasi dapat didefinisikan sebagai ‘cara kita melakukan sesuatu di sini’. dengan demikian, budaya menyediakan konteks untuk tindakan yang mengikat bersama komponen yang berbeda dari sistem organisasi dalam mengejar tujuan perusahaan. organisasi yang sukses cenderung memiliki budaya yang kuat yang mendominasi dan menembus struktur dan sistem yang terkait. dalam organisasi-organisasi ini tidak ada yang terlalu sepele atau terlalu banyak masalah. setiap upaya dilakukan oleh setiap anggota untuk memastikan bahwa semua aktivitas dilakukan dengan cara ‘benar’. Dengan demikian budaya organisasi yang berlaku berfungsi sebagai pengungkit yang kuat dalam membimbing perilaku anggotanya dalam pekerjaan sehari-hari mereka. Semakin banyak anggota yang berulang kali berperilaku atau bertindak dengan cara yang tampak bagi mereka menjadi wajar, jelas dan tidak perlu dipertanyakan lagi, semakin dominan budaya itu. meskipun ada bahaya bahwa budaya dapat menjadi statis dan stagnan, dalam organisasi yang sukses, ia cenderung dinamis dan mengambil kehidupan sendiri, mempengaruhi, dan dalam beberapa kasus menentukan, organisasi adalah strategi dan kebijakan yang sedang berlangsung.budaya organisasi, oleh karena itu, mempengaruhi dan mempengaruhi sebagian besar aspek aktivitas kerja, mempengaruhi perilaku individu dan kelompok di semua tingkatan di tempat kerja.

Sumber:

  1. Successful health and safety management, HSG 65
  2. Reducing error and influencing behaviour, HSG48
  3. ACSNI Study Group on Human Factors. Third report: Organising for safety. Advisory Committee on the Safety of Nuclear Installations (1993) reprinted 1998, ISBN 0717608654
  4. Health & Safety Climate Survey Tool, HSE Books, ISBN 071761462X HSE Books.
  5. ACSNI Human Factors Study Group: Third report – Organising for safety HSE Books 1993

Yuk Baca artikel menarik lainnya tentang K3: Elemen Program K3 Proyek Konstruksi