Petugas Hiperkes (Dokter & Tenaga Medis)

Latar Belakang :

Dalam bidang kesehatan kerja kita mengenal suatu pendekatan pencegahan penyakit akibat kerja yang disebut hygiene industri atau Hiperkes. Hiperkes adalah ilmu kesehatan dan keselamatan kerja yang mengurusi problematik kesehatan dan keselamatan pekerja secara menyeluruh. Pelatihan hiperkes sendiri dilakukan sebagai salah satu langkah preventif untuk menyelesaikan masalah kesehatan dilingkungan kerja. Selain itu diharapkan dapat mengidentifikasi dan mengendalikan potensi bahaya yang ada untuk mencegah terjadinya Penyakit Akibat Kerja (PAK). Pelatihan Hiperkes sendiri di atur dalam berdasarkan PERMENAKERTRANS No. 01 tahun 1979 tentang Kewajiban Latihan Hygiene Perusahaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Bagi Tenaga Paramedis Perusahaan pada pasal 1 yaitu, Setiap perusahaan yang mempekerjakan tenaga paramedis diwajibkan untuk mengirimkan setiap tenaga tersebut untuk mendapatkan latihan dalam bidang Hygiene Perusahaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Tujuan dan Manfaat :

  1. Mendukung dan meningkatkan performa K3 perusahaan dengan menyediakan tenaga medis yang memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk mengidentifikasi bahaya yang ada dilingkungan kerja.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis mereka dalam mengimplementasikan aspek dan nilai k3 khususnya dalam bidang hygiene perusahaan dan peningkatan derajat kesehatan tenaga kerja.
  3. Memiliki sertifikasi resmi sebagai Paramedis Hiperkes dari Pusat HIPERKES RI yang dapat digunakan sebagai salah satu persyaratan minimal untuk bekerja sebagai Dokter ataupun Paramedis di perusahaan.

Silabus Pelatihan :

  1. Peraturan perundang-undangan kesehatan kerja
  2. Dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  3. Hazards Fisik, biologi, kimia, psikologi dan ergonomi
  4. Penyakit akibat kerja
  5. SMK3 dan Sistem Manajemen K3
  6. Sanitasi Industri
  7. Pelaporan kesehatan kerja
  8. Gizi Kerja dan Produktifitas kerja
  9. Toxikologi Industri
  10. Program Jamsostek
  11. Kunjungan Lapangan

Durasi pelatihan 5 Hari (40 jam efektif)

Persyaratan :

  1. Pendidikan minimal SLTA (jurusan Kesehatan) dan berpengalaman kerja min. 2 tahun.
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir 3 Lembar
  3. Fotocopy Identitas Diri 3 lembar
  4. Pas photo 4 x 6, 3 x 4, 2 x 3 dengan background warna merah, masing masing 3 lembar setiap ukuran.

Investasi : Rp 3.000.000 – Rp 4.000.000

WhatsApp Chat Kami di WhatsApp