Press enter to begin your search

Tipe Dan Kelas Safety Helmet Sesuai Standar ANSI Z89.1-2014 Dan CSA Z94.1

Tipe dan kelas Safety Helmet

Tipe Dan Kelas Safety Helmet Sesuai Standar ANSI Z89.1-2014 Dan CSA Z94.1

Apakah safety helmet yang Anda gunakan sudah tepat dan sesuai standar? Safety helmet jenis apa yang cocok digunakan untuk area dengan potensi bahaya listrik bertegangan tinggi? Bagaimana cara melihat tipe dan kelas pada safety helmet?

Menurut Occupational Safety & Health Administration (OSHA), safety helmet (biasa juga disebut hard hat) harus digunakan ketika bekerja di area yang terdapat potensi bahaya yang mengakibatkan cedera kepala. Selain itu, safety helmet juga wajib digunakan saat bekerja di area yang mengandung potensi bahaya listrik. Di area kerja tipe ini, pelindung kepala dirancang khusus untuk menangkal bahaya kejutan listrik.

OSHA menambahkan bahwa sebuah safety helmet dianggap layak digunakan pekerja jika memenuhi kriteria minimum yang ditetapkan oleh American National Standard (ANSI) dan International Safety Equipment Association (ISEA), sesuai dengan standar terbaru ANSI/ ISEA Z89.1-2014. Nah, bila penggunaan safety helmet di perusahaan Anda sangat diperlukan, maka pastikan Anda memilih safety helmet yang tepat sesuai standar dan potensi bahaya di lingkungan kerja Anda.

ANSI membagi pelindung kepala ke dalam beberapa tipe dan kelas yang berbeda. Berikut tipe dan kelas safety helmet yang dapat Anda jadikan panduan dalam memilih safety helmet yang tepat sesuai lingkungan kerja:

Tipe 1

Safety helmet dapat digunakan untuk mengurangi dampak bahaya dari arah atas, misalnya jatuhan benda tajam dan/ atau berat dari atas.

Tipe 2

Safety helmet digunakan untuk mengurangi dampak bahaya dari arah atas sekaligus samping, misalnya benturan benda tajam dari arah samping. Safety helmet tipe 2 ini dilengkapi lapisan busa dengan kepadatan tinggi dan suspensi pada bagian dalamnya. 

Kelas

Menurut ANSI/ISEA Z89.1-2014 dan standar Kanada CSA Z94.1- 2015, safety helmet digolongkan menjadi beberapa kelas, diantaranya:

Kelas E (Electrical)

Safety helmet kelas E digunakan untuk mengurangi risiko bahaya listrik dengan voltase tinggi bertegangan 20.000 volt. Cocok digunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan kelistrikan. Safety helmet ini hanya memberikan perlindungan pada area kepala saja, bukan untuk melindungi tubuh pekerja dari bahaya listrik secara keseluruhan.

Kelas G (General)

Safety helmet kelas G digunakan untuk mengurangi risiko bahaya listrik dengan voltase tinggi bertegangan 2.200 volt. Cocok digunakan untuk semua jenis pekerjaan dan pekerjaan yang berhubungan dengan listrik bertegangan 2.200 volt. Sama halnya seperti kelas E, safety helmet ini hanya memberikan perlindungan pada area kepala saja, bukan untuk melindungi tubuh pekerja dari bahaya listrik secara keseluruhan.

Kelas C (Conductive)

Berbeda dari kelas E dan G, safety helmet kelas C tidak dapat digunakan untuk melindungi pekerja dari bahaya kelistrikan. Safety helmet kelas ini memiliki ventilasi tambahan dan terbuat dari bahan konduktif, seperti aluminium.

Mari baca artikel lainnya mengenai K3 :

PANITIA PEMBINA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (P2K3)

No Comments

Post a Comment

WhatsApp Chat Kami di WhatsApp