Bekerja Aman Dengan Semen

Bekerja Aman Dengan Semen

Bekerja Aman Dengan Semen

Pentingnya Alat Pelindung Diri ketika bekerja dengan penggunaan Semen

Dari rumah dan tempat kerja hingga trotoar dan taman bermain, semen ada di mana-mana. Menurut Asosiasi Semen Portland, semen adalah salah satu bahan bangunan paling aman yang tersedia (ketika tindakan pencegahan diamati).

Semen Portland adalah bahan dasar beton, dan beton dibuat ketika semen Portland menciptakan pasta dengan air, menyebabkan pasir dan batu mengeras. Bahan yang umum digunakan untuk memproduksi semen Portland termasuk batu kapur, kerang, dan kapur atau marl dikombinasikan dengan serpih, tanah liat, batu tulis, terak tanur ledakan, pasir silika dan bijih besi. Karena semen Portland mengandung bahan abrasif, itu juga kasar pada kulit yang telanjang. Selain itu, pengeringan semen Portland bersifat higroskopik, yang berarti menyerap air. Karena itu, beton segar tidak boleh bersentuhan dengan kulit yang telanjang karena “pakaian yang jenuh dapat mengirimkan efek alkalin atau higroskopis pada kulit.” Penting untuk mengambil tindakan pencegahan ketika bekerja dengan beton segar untuk menghindari masalah kulit atau luka bakar kimia, kontak yang lama antara beton segar dan permukaan kulit, mata dan pakaian dapat mengakibatkan luka bakar yang cukup parah, termasuk luka bakar tingkat tiga.


Lindungi dirimu sendiri saat bekerja dengan semen, kenakan sarung tangan tahan air, celana dan baju lengan panjang, dan sepatu bot karet yang cukup tinggi sehingga beton tidak bisa masuk ke dalamnya. Asosiasi juga merekomendasikan bahwa pekerja harus menggunakan pelindung mata karena risiko meniup debu dan memerciki beton. Bahan beton dan pembuatan beton bisa berat, jadi pekerja harus berhati-hati. Ketika beton disimpan, dorong dengan sekop (jangan mengangkatnya) ke posisi akhirnya. Dengan mengambil tindakan pencegahan dasar, para pekerja dapat dengan aman mencampur, menangani dan menyelesaikan beton tanpa insiden.

The Portland Cement Association menawarkan kiat-kiat ini untuk bekerja dengan aman dengan beton:

  1. Tetap waspada. Perlindungan mata yang tepat sangat penting ketika bekerja dengan semen atau beton karena mata sangat rentan terhadap peniupan debu, percikan beton dan benda asing. Tergantung pada kondisi, kacamata penutup penuh atau kacamata pengaman dengan pelindung samping mungkin diperlukan.
  2. Perhatikan punggungmu. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat semen berat, bahkan dalam jumlah kecil. saat mengangkat banyak semen, jagalah punggung tetap lurus, kaki ditekuk, dan beban-beban di antara kaki Anda sedekat mungkin dengan tubuh Anda. Jangan pernah memutar di pinggang. Jika beban terlalu berat untuk satu orang, mintalah seorang rekan kerja untuk meminta bantuan.
  3. Lindungi Kulitmu. Kontak luas antara beton segar dan permukaan kulit, mata dan pakaian dapat menyebabkan cedera parah, termasuk luka bakar. Jika Anda atau rekan kerja menderita luka bakar, segera cari pertolongan medis.
  4. Gunakan posisi yang tepat. saat mengangkut semen, tempatkan sedekat mungkin ke posisi akhirnya. Setelah beton berada di tempat yang seharusnya, dorong (jangan angkat) ke posisi akhir dengan sekop.

link

https://www.safetyandhealthmagazine.com//

Sharing Knowledge DSS

, Ahli K3, Ahli K3 Umum, Ahli K3 Umum Confirm Running, Ahli K3 Umum Depok, Ahli K3 Umum Jogja, Ahli K3 Umum Lampung, Ahli K3 Umum Murah, Ahli K3 Umum Regional, Ahli K3 Umum Sertifikasi KEMNAKER RI, Ahli K3 Umum Terpercaya, ak3u jakarta, Fasilitas pelatihan ahli k3 umum, Kalender Pembinaan Ahli K3 Umum, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Pelatihan AK3U Murah, pjk3 terpercaya, Sertifikasi Ahli K3 Umum Confirm Running

Mari baca artikel lainnya tentang K3 disini :

ELEMEN PROGRAM K3 PROYEK KONSTRUKSI

No Comments

Post a Comment

Follow by Email
LinkedIn
LinkedIn
Share
Instagram
WhatsApp Chat Kami di WhatsApp