Langkah-langkah Penerapan Metode 5R (5S) di Tempat Kerja
Metode 5R (5S) ialah metode untuk mengatur atau mengelola tempat kerja menjadi tempat kerja yang lebih baik secara berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas di tempat kerja. Metode 5R ini sangat dibutuhkan bagi Anda yang bekerja sebagai Ahli K3 Umum.
Apa Manfaat Penerapan Metode 5R (5S)?
Manfaat penerapannya yaitu:
- Meningkatkan produktivitas karena pengaturan tempat kerja yang lebih efisien
- Meningkatkan kenyamanan karena tempat kerja selalu bersih dan menjadi luas/lapang
- Mengurangi bahaya di tempat kerja karena kualitas tempat kerja yang bagus/baik
- Menambah penghematan karena menghilangkan berbagai pemborosan di tempat kerja.
Bagaimana Menerapkan Metode 5R (5S)?
Langkah-langkah Penerapan 5R (5S):
1. Ringkas (Seiri)
Berarti membedakan antara yang diperlukan dan yang tidak diperlukan serta membuang yang tidak diperlukan. Prinsip dari Ringkas (Seiri) yaitu dengan mengguanakan stratifikasi dan menangani sebab masalah.
2. Rapi (Seiton)
Menentukan tata letak yang tertata rapi sehingga kita selalu menemukan barang yang dibutuhkan. Prinsipnya adalah penyimpanan fungsional dan menghilangkan waktu untuk mencari barang.
3. Resik (Seiso)
Berarti menghilangkan sampah kotoran dan barang asing untuk memperoleh tempat kerja yang lebih bersih. Prinsipnya adalah pembersihan sebagai pemeriksaan dan tingkat kebersihan
4. Rawat (Seiketsu)
Berarti memelihara barang dengan teratur, rapih, bersih dan dalam aspek personal serta kaitannya dengan polusi. Prinsipnya adalah manajemen visual dan pemantapan 5S.
5. Rajin (Shitsuke)
Berarti melakukan sesuatu yang benar sebagai kebiasaan. Prinsipnya adalah pembentukan kebiasaan dan tempat kerja yang mantap.
Sumber: ejournal.